Sistem Informasi Manajemen Studi Kasus “GO-Jek”

Sistem Informasi Manajemen 

 Studi Kasus “GO-Jek” 

 

GO-JEK merupakan perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi dengan menggunakan armada Motor yang saat ini telah memimpin revolusi industri transportasi Ojek di wilayah jabodetabek. PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industry transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area Jabodetabek saja. Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship, Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial. 

Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua layanan. 

Melalui slogannya yaitu “An Ojek for Every Need”, Go-Jek tidak hanya menyediakan layanan transportasi angkutan penumpang, saat ini Go-Jek memiliki empat jenis jasa layanan yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yaitu Instant Courier, Transport, Go-food (Food Delivery), dan shoping. Beberapa pelayanan GO-Jek yaitu : 
 1. Instant Courier 
2. Transport 
3. Food Delivery 
4. Shopping 

Go-Jek berharap dengan hadirnya layanan ini dapat menyerap banyak tenaga kerja. Melihat kondisi di tanah air banyak para penganggur yang memiliki keahlian namun sulit mencari kerja. Dengan layanan ini Go-JEK mencoba untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu Go-JEK juga mencoba menciptakan style baru dalam menggunakan jasa transportasi. 

Penerapan teknologi informasi atau sistem informasi dalam perusahaan Go-Jek 

Go-Jek menerapkan strategi sistem informasi marketing melalui tiga tahapan yang disebut customer life cycle. Tahapan pertama adalah acquire yaitu mendapatkan pelanggan menggunakan teknik direct marketing yaitu dengan melakukan promosi secara langsung di social media. Tahapan kedua adalah enhance yaitu menambah pelanggan menggunakan teknik cross sell and up sell yaitu bekerja sama dengan para mitra perusahaan yang mau menggunakan layanan Go-Jek sehingga hal tersebut dapat menambah jumlah pelanggan baru. Tahapan ketiga adalah retain yaitu mempertahankan pelanggan atau loyal customer menggunakan teknik customer support dimana perusahaan menanggapi setiap keluhan dan keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menciptakan loyal customer. 

Dalam kasus ini, karena Go-Jek merupakan sebuah perusahaan jasa, maka Supply Chain Management yang dilakukan Go-Jek merupakan suatu konsep manajemen dimana perusahaan berusaha memanfaatkan teknologi internet untuk mengintegrasikan seluruh mitra kerja perusahaan, baik para driver (pekerja), konsumen, dan juga para stakeholder yang berhubungan dalam kegiatan transaksi. Sistem akuntansi dari Go-Jek tersusun dari diantaranya fasilitas order processing yaitu fasilitas yang memungkinkan untuk konsumen melakukan pemesanan jasa, kemudian data yang telah diperoleh dari form yang tertera akan menentukan jumlah pembayaran. Jumlah pembayaran tersebut termasuk ke dalam fasilitas billing yang kemudian akan dibukukan menjadi general ledger. Bukti dari pembayaran yang telah dilakukan oleh konsumen akan tertera pada cash receipt yang kemudian akan terakumulasikan pada general ledger. Pemesanan yang dilakukan oleh konsumen terhadap mitra dari Go-Jek akan masuk ke dalam sistem cash disbursement-account payable tergantung kepada jenis pembagian untung yang telah disepakati oleh pihak Go-Jek dan mitra yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang telah masuk ke dalam perjanjian kedua belah pihak akan termasuk ke dalam sistem general ledger Go-Jek. 

Sumber : https://milaminora.wordpress.com/2016/02/13/sistem-informasi-manajemen-studi-kasus-go-jek-2

Komentar

Anonim mengatakan…
Menurut saya dengan adanya Gojek dapat memudahkan masyarakat dalam bepergian dan dapat menghemat waktu karena tidak perlu jalan dulu kepangkalan atau mencari ojek. Keuntungan gojek bagi masyarakat dengan adanya gojek lebih mudah, tarif murah, lebih terpercaya. Gojek juga dapat membantu para tukang gojek untuk mendapatkan penumpang lebih cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan penghasilannya. Selain itu dari segi keamanan Gojek pun menjamin keselamatan dan keamanan dengan memfasilitasi perlengkapan berkendara. Gojek juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan masyarakat dan dapat mengurangi tingkat pengangguran.

Nama : Aricca Sekar Stiasih
NIM : 16.31668
Unknown mengatakan…
Secara jujur kali ini saya sangat berpihak pada Gojek karena saya sudah muak terhadap Ojek yang menetapkan tarif sesuai kemauan mereka sendiri. Beberapa hal yang membuat saya mendukung Gojek :

1. Sikap Premanisme
Secara kita sadari atau tidak, Ojek sering menetapkan harga yang tidak masuk akal. Mereka menetapkan tarif sesuai kemauan mereka sendiri. Alasan yang sering kita dengar apabila tarifnya mahal " Duh harga bensin udah naik dek, jadi tarif ojeknya juga naik", "Itumah jauh dek apalagi ntar masuk ke komplek-komplek kan jadi mahal."
http://www.nastopo.com/motor/menghitung-konsumsi-bahan-bakar-yamaha-mio-gt-fuel-injection/
Dari website tersebut kita bisa melihat bahwa sebenarnya konsumsi 1 Liter bensin itu bisa digunakan untuk jarak 44KM. Sebagai pembanding saja, saya pernah berpergian dari rumah saya ke suatu tempat yang jaraknya kurang lebih sekitar 10KM dan itu tarifnya Rp.20.000,- . Bisa dibayangkan berapa banyak keuntungan yang Ojek ambil dari pelanggan-pelangganya.

2. Sikap Pemalas
Saya melihat bahwa Ojek yang hanya nongkrong di pangkalan itu adalah pemalas semua. Biasanya para Ojek pangkalan tersebut akan nongkrong terus dan mengisi waktunya dengan bermain judi (gaple). Padahal mereka bisa mencari keuntungan lebih dengan cara yang halal tanpa harus melakukan sikap premanisne terhadap pengguna jasanya. Gojek itu sendiri memberikan banyak jasa seperti Instant Courier, Go-Food, Transport, dan Shopping. Apalagi dengan kehidupan ibukota yang sangat sibuk ini, sehingga banyak dari sebagian karyawan yang tidak bisa keluar kantor karena takut terjebak macet. Gojek bisa menjadi sarana alternatif yang mereka gunakan. Jadi sebenarnya banyak sekali hal yang bisa mereka lakukan dengan bergabung menjadi Driver Gojek itu sendiri.

3. Tarif Jelas
Gojek menerapkan tarif yang sudah cukup jelas untuk pengguna jasanya. Mereka menetapkan harga bukan kemauan mereka, tetapi diatur oleh berapa jarak yang ditempuh oleh pengguna jasanya. Para pengguna jasanya tidak perlu takut ditipu oleh permainan harganya, karena semua sudah dikontrol dari kantor pusatnya.

4. Aman
Bagi saya yang paling penting adalah sikap aman yang diberikan oleh Gojek terhadap pengguna jasanya. Biasanya apabila kita menggunakan Ojek pangkalan kita tidak tahu siapa Driver tersebut karena kita baru kenal saat itu. Kita tidak tahu apabila Driver Ojek tersebut berniat menculik kita atau tidak. Nah, dengan adanya Gojek ini kita bisa mengetahui siapa nama dari Driver Gojek itu sendiri dan terlacak lokasi kita, sehingga bisa menimbulkan rasa aman bagi para pengguna jasanya.

Kutipan : http://pendapatrd.blogspot.co.id

Nama : Diajeng Waskitaningrum
NIM : 16.31678
Unknown mengatakan…
Menurut saya, Kemajuan teknologi pada pelaksanaan bisnis seperti halnya pedang bermata dua, di satu sisi dapat memberikan dampak positif namun bisa juga memberikan dampak negatif. Hal positif yang dapat di rasakan adalah dengan adanya sebuah teknologi adalah peningkatkan kecepatan, ketepatan, serta akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga, dan biaya.
Dampak positif dari GO-JEK itu sendiri adalah Menghemat waktu, Menghemat Tenaga, Menghemat biaya, mengurangi kemacetan lalu lintas. Dampak negatif adalah Meningkatkan Kriminal dan Penipuan.
Jadi, Perusahaan GO-JEK perlu memperbaiki juga sistem pertahanan dari aplikasinya sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal layanan, GO-JEK juga perlu terus berinovasi sehingga agar tidak dikalahkan oleh competitor usaha sejenis.
Unknown mengatakan…
Menurut saya, Kemajuan teknologi pada pelaksanaan bisnis seperti halnya pedang bermata dua, di satu sisi dapat memberikan dampak positif namun bisa juga memberikan dampak negatif. Hal positif yang dapat di rasakan adalah dengan adanya sebuah teknologi adalah peningkatkan kecepatan, ketepatan, serta akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga, dan biaya.
Dampak positif dari GO-JEK itu sendiri adalah Menghemat waktu, Menghemat Tenaga, Menghemat biaya, mengurangi kemacetan lalu lintas. Dampak negatif adalah Meningkatkan Kriminal dan Penipuan.
Jadi, Perusahaan GO-JEK perlu memperbaiki juga sistem pertahanan dari aplikasinya sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam hal layanan, GO-JEK juga perlu terus berinovasi sehingga agar tidak dikalahkan oleh competitor usaha sejenis.

Nama : Crystin Handayani
NIM : 16.31667
Unknown mengatakan…
Menurut komentar saya mengenai blogspot bapak kurang lengkap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memboomingnya ojek berbasis online pada 2015 menimbulkan dampak positif dan negatif.

Warga Jakarta yang membutuhkan angkutan cepat menembus kemacetan tentu saja sangat terbantu dengan keberadaan ojek online. Tetapi dampak lainya, mereka juga menimbulkan kemacetan.

Berikut plus minus keberadaan ojek online di Jakarta selama ini:

1. Mempermudah warga

Sebagian besar pengguna jasa ojek online mengaku dimudahkan dengan layanan jemput di lokasi. Mereka tidak perlu repot-repot mencari pangkalan ojek lagi. Cukup memesan layanan melalui layar smartphone, pengemudi ojek online siap mengantar

2. Menghemat ongkos

Adanya promosi yang dibuat oleh para perusahaan ojek online membawa keuntungan pada konsumen.

Seperti Go-Jek dan Grab Bike. Dengan memberi promo tarif flat, keduanya memanjakan konsumennya dengan tarif flat sekitar Rp 5.000 hingga Rp 15.000 dalam jarak km tertentu.

"Saya biasanya kalau ke kantor naik ojek yang dekat rumah, tapi sekarang lebih nyaman naik ojek online. Lebih murah soalnya, bisa hemat berapa ribu, lumayan," kata Toto (34), seorang karyawan yang berkantor di Jakarta Selatan.

3. Lapangan kerja

Pendapatan ojek online yang lumayan dibandingkan ojek pangkalan, cukup menggiurkan. Ojek pangkalan yang melihat peluang ini memilih bergabung dengan ojek online.

Bahkan, ketika gembar-gembor pendapatan dari ojek online hingga puluhan juta sebulannya, beberapa pegawai swasta tertarik bergabung sebagai pekerjaan sampingan.

Bahkan, ada yang rela meninggalkan pekerjaannya sebagai manajer sebuah perusahaan, karena tergiur dengan pendapatan yang lumayan besar.

Seperti pengojek Grab Bike, Rudianto (26). Sejak bergabung dengan Grab Bike, 20 Mei 2015 lalu, pendapatan terbesar Rudianto dalam sebulan bisa mencapai Rp 23 juta. Wow!

4. Menambah Kemacetan

Meski mengklaim diri berbeda dengan ojek pangkalan, kenyataan di lapangan, pengojek online tetap membuat beberapa pangkalan atau memang mangkal di sebuah tempat sambil menunggu order dari konsumen. Tidak jarang, trotoar hingga badan jalan jadi tempat mangkal pengojek online.

Kondisi ini sampai membuat Polda Metro Jaya dan Dishubtrans DKI Jakarta sepakat untuk menindak tegas para pengojek online yang mangkal, terutama di trotoar.

Salah satu tempat favorit untuk mangkal para pengojek online adalah di depan Mal Taman Anggrek dan depan Central Park, Jakarta Barat.

Salah satu pengojek online yang mangkal di sana, Rudi (36), mengaku sengaja berada di sana sejak pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB. Menurut dia, lebih mudah untuk mengambil order jika menetap di sana karena konsumen yang memesan dari apartemen Mal Taman Anggrek dan sekitarnya cukup banyak.

5. Konflik dengan ojek pangkalan

Dinamika antara pengojek online dengan pengojek pangkalan yang lebih "senior" beberapa kali terjadi. Dengan layanan ojek online yang tampak lebih laku, pengojek pangkalan merasa terintimidasi.

Tempat yang paling terlihat konflik antara pengojek online dengan pengojek pangkalan adalah di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Di pintu masuk saja, ada papan pengumuman yang mengatasnamakan komunitas ojek pangkalan di sana menolak Go-Jek dan Grab Bike. Konflik antara keduanya sampai memicu kontak fisik hingga perkelahian.

Konflik pengojek online dan pengojek pangkalan tidak berlangsung lama. Kini, kebanyakan pengojek pangkalan sudah mau bergabung dengan perusahaan ojek online.

Mereka yang masih bertahan sebagai pengojek pangkalan, sudah bisa menerima keberadaan pengojek online yang dianggap memiliki konsumen berbeda

Kutipan : http://megapolitan.kompas.com

Nama : Fitria Pramana Sari
NIM : 16.31676
SEA mengatakan…
Menurut saya pribadi dengan layanan GoJek ini sangat berguna bagi banyak masyarakat, dapat dilihat bahwa telah banyak yang menggunakan layanan GoJek ini. Saat ini GoJek memang sedang digemari oleh banyak khalayak. Pelayanan yang diberikan oleh drivernya pun juga baik dan dari segi keamanannya pun juga sangat terjamin .Banyak layanan yang ditawarkan oleh GoJek seperti Go-Ride, Go-Mart, Go-Send, Go-Food dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya layanan yang ditawarkan oleh GoJek dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi setiap customer. Bahkan dengan hadirnya layanan GoJeK ini juga menyerap banyaknya tenaga kerja yang tengah menganggur di Indonesia ini. sehingga hadirnya GoJek ini juga memberikan keuntungan bagi masyarakat luas.



Nama : Savaria Eka Ariani
NIM : 16.31679
Unknown mengatakan…
eni nur c.
Menurut saya dengan adanya Go-jek dapat mengurangi penganguran yang ada di Indonesia dengan adanya perbedaan perbedaan etis dan budaya membuat satu etis/budaya malah saling mercerai berai, seharusnya saling mendukung dan saling menghargai satu dengan yang lain, dengan adanya Go-jek sendiri tentu sangat membantu masyarakat untuk memudahkan kegiatanya di luar rumah,
Unknown mengatakan…
Menurut pendapat saya Gojek merupakan salah satu Transportasi yang lebih cepat, mudah, dan efisien. Dengan pelayanan Gojek sangat ramah, baik dan menyenangkan. Gojek sangat menguntungkan bagi mahasiswa atau pelajar karena sebagian besar untuk digunakan transportasi ke sekolah atau ke kampus bagi mereka yang tidak mempunyai kendaraan dan belum mempunyai SIM. Gojek bisa menjadi salah satu jasa transportasi yang sangat baik kedepannya. Tetapi untuk mencapai Gojek yang baik, mereka membutuhkan kita(para pengguna jasa Gojek) untuk mendukung sikap penolakan terhadap Gojek itu sendiri. Kepastian harga jasa layanan memberikan kepercayaan bagi konsumen. Kami lebih percaya karena tidak merasa dikibuli/kerjain oleh sopir taxi atau ojek. Dan juga memberikan rasa aman bagi penumpang karena Setiap transaksi menggunakan aplikasi on-line akan jelas tercatat siapa sopirnya, siapa penumpangnya, tujuannya dan waktu pelayanannya. Bahkan saya yakin bisa dilacak juga rute yang dilewati. Para Driver GO-JEK juga mendapatkan pendapatan yang meningkat semenjak bergabung sebagai mitra, mereka juga mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, serta mendapat akses ke lebih banyak pelanggan melalui aplikasi kami.

Nama : Novita Fajar A
NIM : 16.31682
SEA mengatakan…
Menurut saya pribadi dengan adanya Bisnis Online berupa jasa transportasi seperti Go-Jek yang sedang trend di masyarakat memudahkan para konsumen dalam bepergian merasa aman, serta layanan yang diberikan membuat para konsumen efektif dan efisien dalam menghemat waktu, serta biaya yang dikeluarkan dengan tarif yang jelas dan transparan. Selain itu tentu saja sistem yang digunakan dapat mengkoordinir gaya hidup modern saat ini yaitu penggunaan teknologi yang canggih dan dapat memberikan peluang bagi tenaga kerja untuk dapat bekerja serta dapat mengurangi angka tingkat pengangguran di Indonesia. Namun juga harus menyadari dua kekurangan yang bisa saja mengancam bisnis mereka, yaitu:Yang pertama, Karena tidak adanya Undang-Undang yang mengatur praktik per-ojekan, maka tidak ada pajak yang harus dibayarkan. Pajak yang dimaksud berupa pajak mendirikan usaha. Dengan tidak adanya pajak tersebut, biaya masuk industri dapat merangsang para pesaing untuk masuk kedalam bisnis yang sama. Kekurangan kedua adalah masalah privasi. Contohnya ada konsumen Go-Jek yang diteror oleh Driver yang tidak bertanggung jawab maka perusahaan Gojek harus mencari Driver yang profesional sehingga nama "Gojek" tidak dipandang negatif oleh para masyarakat. Kedua kekurangan diatas harus segera diatasi Go-Jek agar bisnis mereka dapat terus berjalan dan menguntungkan.

Nama : Nita Febriana
NIM : 16.31680
hallodik mengatakan…
Menurut saya GoJek ada dampak positif dan negatif nya. Dampak positifnya antara lain, memudahkan aktivitas para pengguna GoJek, membuka lapangan pekerjaan, ongkos hemat, dan yang paling bagus terlihat pada Gojek yaitu penumpang tidak perlu berjalan untuk ke pangkalan tukang ojek, hanya dengan aplikasi GoJek penumpang bisa di jemput ditempat manapun dan berbeda dengan tukang ojek pangkalan yang males-malesan menunggu penumpang. Namun GoJek juga mempunyai banyak dampak negatif nya, antara lain yaitu jalanan menjadi macet, konflik dengan ojek pangkalan, membuat penumpang menjadi malas-malasan karena diperudah dengan adanya GoJek tersebut.

Nama : Dika Prameishela M
NIM : 16.31659
dewii mengatakan…
Menurut Pendapat Saya , Informasi tentang GO-JEK dari Blog Bapak kurang Jelas.
dan ini penjelasannya :

Instant Courier

Instant Courier atau jasa pengiriman barang, Go-Jek bisa dimanfaatkan sebagai pengiriman barang secara “real time”. Biaya yang dibayar tentu saja sesuai dengan jarak tempuh yang secara otomatis sudah tertera di aplikasi. Baik dokumen maupun barang bisa diantar. Dengan catatan untuk barang yang akan dikirimkan tidak boleh melebihi dari pada jarak stang motor dan tinggi pengemudi.

Transport

Transport atau jasa transportasi, sesuai dengan namanya Go-Jek dimanfaatkan sebagai media transportasi khususnya diwaktu macet dan disaat kesulitan mencari transportasi publik. Kelebihan pada Go-Jek adalah pada awal pemesanan kita menentukan dimana keberadaan calon penumpang dan mementukan tujuan, dan seketika aplikasi memberikan konfirmasi harga yang harus dibayar oleh calon penumpang.

Food Delivery

Food Delivery atau jasa pengiriman makanan, dengan layanan ini kita bisa order makanan di restoran favorit kita tanpa harus pergi kesana. Tinggal order lalu beritahu saja di aplikasi restoran yang kita maksud dan menu apa saja yang ingin kita order. Bahkan didalam layanan ini sudah ada jenis-jenis makanan yang direkomendasikan sehingga memudahkan.

Shopping

Go-Jek yaitu shopping, merupakan layanan dimana konsumen dapat membeli sesuatu tanpa harus datang ke gerai penjualan. Konsumen hanya perlu mengisi form yang tertera pada aplikasi dan juga menentukan jenis barang yang ingin dibeli

Kutipan : https://milaminora.wordpress.com
Nama : Anggraini Kumala dewi
Nim : 16.31.681
Sekretari smt.2
Unknown mengatakan…
Menurut pendapat saya, adanya layanan GoJek ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas seiring dengan penggunaan teknologi yang semakin berkembang. Adanya perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan kegiatan jual beli melalui jaringan komputer, baik dengan menggunakan internet, ekstranet atau pun intranet. Sudah tidak asing lagi, di kota-kota besar sekarang jalanan sudah dipenuhi dengan adanya pengendara motor dengan jaket dan helm hijau (GoJek)yang menawarkan segala pelayanan yang menjawab semua kebutuhan masyarakat urban dengan mobilitas yang tinggi sehingga menjadi akternatif masyarakat dalam menghadapi hiruk-pikuknya keadaan seperti ini. "Dibalik semua manfaat yang ditawarkan Gojek, terdapat hal lain yang jarang dibahas seperti legalitas gojek, potensi pendapatan daerah, dan hubungan dengan overeducated." (Ralenta Cahyadi, 2015). Perkembangan teknologi dan globalisasi merupakan tantangan bagi pemerintahan kedepan. Seperti halnya masalah Gojek yang belakangan ini sering kita dengar, bentrok dengan ojek pangkalan, ricuh dengan warga dan sebagainya adalah masalah yang biasa. Namun ada hal-hal yang substansial dan harus diselesaikan dalam permasalahan ini. Pemerintah harus jeli dalam menimbang keberadaan Gojek ini. Pastikan keberadaan Gojek ini tak hanya mempermudah masyarakat dalam urusan transpotasi, namun juga membuat semua elemen menjadi produktif. Bukan hanya dibidang transportasi, namun juga produktif dalam bidang pendidikan, hukum, ekonomi dan lain sebagainya.

Sumber: http://ralentacahyandy22.blogspot.co.id/2015/12/perbandingan-layanan-go-jek-grab-bike-1.html

Nama : Auliya Baroroh
NIM : 16.31664
Unknown mengatakan…
Menurut pendapat saya, penerapan system informasi yang berkaitan dengan e-commerce pada Go-Jek berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat melalui aplikasi perusahaan yang memberikan kerangka kerja yang menghubungkan proses dari aplikasi e-commerce, yaitu mulai dari bagaimana konsumen memesan proses pelayanan sampai dengan selesainya jasa layanan.
Go-Jek menggunakan system informasi yang berkaitan dengan e-commerce untuk membantu jalannya perusahaan dalam bidang pelayanan transportasi, perbelanjaan, dll.

Nama : Fasadila Ayu Okta
NIM : 16.31669
Martini mengatakan…
menurut pendapat saya gojek merupakan suatu layanan online yang dapat mempermudah pengguna transportasi umum dalam melakukan aktivitasnya di luar rumah, terutama dalam masalah kemacetan yang saat ini kerap terjadi di kota kota besar, layanan gojek tentu saja membuat kita cepat mendapat transportasi umum saat kita sedang terburu-buru tidak perlu menunggu lama hanya dengan membuka website gojek yang tersedia, layanan gojek pun juga sangat ramah dan sopan, Gojek juga sangat aman bagi pengguna transportasi umum dalam perjalanan, tidak hanya masalah kemacetan,aman dan ramah saja, namun tarif gojek juga terbilang sangat murah baik untuk perjalanan jauh maupun dekat namun selain kelebihan-kelebihan tersebut gojek juga mempunyai kelemahan dalam pelayanannya seperti server sering error dalam melakukan pemesanan karena masalah dengan jaringan padalah kita sedang terburu-buru mau tidak mau kita harus menunggu beberapa menit sampai jaringan kembali normal, selain itu gojek tidak bisa berpindah tujuan, jadi pengemudi akan mengantar di mana saat kita melakukan order sebelumnya dan tidak bisa mengubah tujuan sesuka hati kita, kita juga tidak bisa memilih pengemudi, karena gojek ini berbasis online maka tidak bisa memilih pengemudi yang disukai karena pengemudi di gojek ini tidak hanya satu pengemudi, itulah pendapat dari saya mengenai layanan gojek.





Nama : Martini
NIM : 1631665
Jur : Sekretaris
Unknown mengatakan…
Nama : RAYA MAWAR SARI
NIM : 16.31670Dalam artikel di atas sudah dijelaskan bahwa Supply Chain Management yang dilakukan Go-Jek merupakan suatu konsep manajemen dimana perusahaan memanfaatkan teknologi internet untuk mengintegrasikan seluruh mitra kerja perusahaan, baik para driver, konsumen, dan para stakeholder. Namun hal ini bisa berdampak negatif, berdasarkan sebuah fakta yang pernah saya baca dari kompas.com bahwa terdapat driver Go-Jek yang melakukan pelanggaran privasi. Pelanggaran privasi tersebut tidak disebutkan dalam artikel ini. Kasusnya yaitu konsumen yang diteror oleh driver karena memberikan testimoni yang buruk. Teror dapat menjadi kenyataan mengingat driver sudah mengetahui nomor handphone serta alamat rumah konsumen tersebut.
Menurut saya, artikel di atas tidak membahas tentang Supply Chain Management yang berdampak negatif pada konsumen Go-Jek. Artikel ini belum sepenuhnya membahas tentang penerapan Sistem Informasi Management secara khusus pada Go-Jek. Materi yang dibahas lebih menyoroti perusahaan Go-Jek , bukan menyoroti sistem informasi yang diterapkan Go-Jek. Oleh karena itu, belum dijelaskan secara rinci sistem informasi dalam perspektif bisnis tersebut. Saya berpikir bahwa artikel ini lebih condong atau berpihak pada perusahaan Go-Jek bukan berpihak pada sistem informasi yang dijalankan Go-Jek. Saya menyarankan agar artikel ditambahkan materi secara men-detail tentang sistem informasi pada perusahaan Go-Jek agar lebih sinkron dengan judul artikel ini.
renioktasari98@gmail.com mengatakan…
Menurut saya dalam studi kasus ini, hadirnya layanan gojek saat ini sangatlah menguntungkan bagi masyarakat karena layanan ini dapat menyerap banyak tenaga kerja, dan dalam PT.Gojek Indonesia ini kita diberi kemudahan dalam melakukan transaksi antar calon konsumen dengan driver gojek secara efektif dan efisien, tidak perlu dilakukan tawar menawar cargo, dan untuk pembayarannya pun telah didukung dengan gerakan cashless. Namun adannya layanan gojek ini juga di khawatirkan mematikan penghasilan ojek konvensional dikarnakan para konsumen lebih memilih layanan gojek daripada ojek pangkalan.

Nama:Reni Oktasari
NIM :16.31675
Unknown mengatakan…
Menurut saya,
Dijaman sekarang ini, semua orang membutuhkan sesuatu yang lebih efektif dan efisien, dengan adanya aplikasi Go-Jek ini, seseorang tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam hal transportasi. Mereka akan lebih mudah menuju tempat yang mereka tuju tanpa terkendala adanya kemacetan. Mereka (Konsumen) dapat melakukan hal apapun dengan pilihan yang ada di aplikasi Go-Jek, seperti: berbelanja, transportasi, memesan makanan dll, hal seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat jaman sekarang yang tidak mau dengan sesuatu yang ribet dan menyita banyak waktu.
Perusahaan Go-Jek, mengikuti teknologi sistem informasi manajemen yang berkembang pada jaman sekarang dan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi itu dengan baik, sehingga dapat mempercepat perkembangan perusahaannya. Selain itu, Go-jek juga menyediakan fitur untuk menampung keluh-kesah costumers. Hal ini baik, karena keluh-kesah atau saran dari para pelanggan dapat mengoreksi kekurangan yang ada di Go-jek.
Perusahaan Go-jek juga menggunakan sistem akuntansi yang baik dan terstruktural dengan rinci dan menggunakan aplikasi akuntansi yang sedang berkembang sekarang ini.
Dapat disimpulkan, bahwa perkembangan teknologi itu penting untuk diikuti oleh perusahaan jasa maupun dagang yang ingin berkembang dengan pesat agar tidak ketinggalan jaman dan tidak kehilangan pelanggan, mengingat semua orang menginginkan sesuatu yang lebih efektif dan efisien dalam hal waktu.

Nama : Tri Wulandari
NIM. : 16.31674
Unknown mengatakan…
Nama : Diyah Ika S
NIM : 16.31673

Menurut saya, dengan adanya Gojek peluang kerja semakin banyak, jadi dapat mengurangi pengangguran di Negara ini,memudahkan masyarakat untuk bepergian, bahkan memesan makanan jika sedang malas untuk keluar rumah, untuk SIM yg digunakan menurut saya sudah efektif, karena mengandalkan teknologi yg sedang trend pada kalangan masyarakat sekarang, Gojek juga mudah di akses melalui handphone dengan mendowload aplikasinya di Google PlayStrore atau di AppsStore.
Unknown mengatakan…
Nama : Diyah Ika S
NIM : 16.31673

Menurut saya, dengan adanya Gojek peluang kerja semakin banyak, jadi dapat mengurangi pengangguran di Negara ini,memudahkan masyarakat untuk bepergian, bahkan memesan makanan jika sedang malas untuk keluar rumah, untuk SIM yg digunakan menurut saya sudah efektif, karena mengandalkan teknologi yg sedang trend pada kalangan masyarakat sekarang, Gojek juga mudah di akses melalui handphone dengan mendowload aplikasinya di Google PlayStrore atau di AppsStore.
Unknown mengatakan…
Nama : Halimah
Nim : 16.31672

Menurut saya,penerapan sistem informasi pada Gojek ini membawa sisi positif yang cukup besar di era sekarang ini. Meskipun tidak dipungkiri kontra selalu ada, namun pada masa ini dengan adanya gojek membawa kita untuk beradaptasi dan lebih maju dengan berkembangnya kecanggihan-kecanggihan teknologi.Karena dengan adanya gojek, bagi orang yang sudah mengikuti perkembangan IPTEK akan menambah kemudahan dan kenyamanan bagi mereka, sedangkan bagi orang yang masih tertinggal atau belum terbiasa dengan kemajuan teknologi dan sistem informasi akan mau belajar dan sedikit mengejar ketertinggalannya. Semisal, bagi mereka yang sudah terbiasa dengan dunia online, dengan adanya gojek mereka akan lebih efektif dan efisien dalam transportasi karena tinggal menginstal aplikasi gojek. Sedangkan bagi mereka yang tertinggal, setelah melihat kemudahan dan kenyamanan yang ada maka mereka akan berusaha mengikuti dan mempelajari kemajuan teknologi dan sistem informasi. Meskipun tak sedikit orang yang mengeluh karna hal tersebut. Dan menurut saya itu wajar bagi masyarakat awam. Kontra tersebut akan hilang seiring berjalannya waktu.
renioktasari98@gmail.com mengatakan…
Menurut saya Gojek sangat berguna bagi masyarakat karena Gojek memberikan layanan yg memudahkan masyarakat untuk menjalani aktivitas diluar. Gojek memberi bnyak peluang kerja bagi masyarakat dan mengurangi pengangguran. Gojek juga memberikan layanan yang sangat baik.

Nama:Shofwatin.N
NIM : 16.31663
renioktasari98@gmail.com mengatakan…
Menurut saya, Gojek sangat berguna bagi banyak masyarakat. Gojek sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari terutama untuk masyarakat yang bnyak melakukan kegiatan diluar spti menghindari kemacetan saat berangkat k kantor dan msh bnyak lagi. Gojek adalah alternatif yang yg sangat berguna.Gojek juga memberi banyak peluang kerja untuk masyarakat luas dan mengurangi pengangguran. Layanan yang diberikan Gojek juga sangat baik.

Nama
Unknown mengatakan…
Tentang adanya Gojek saya memeliki pandangan bahwa fenomena adanya gojek memberikan kemudahan dalam segala akses,semisalna dengan adanya gojek seseorang bisa membeli makanan,tiket nonton dan debagainya melalui jasa gojek. Dan karena bisa di akses melalui smartphone tanpa harus bertemu langsung dengan tukang ojek. Dan mengaksesnya pun mudah sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Namun adanya gojek juga mempengaruhi pendapatan tukang ojek pengkolan yang saat ini sudah semakin tidak diminati oleh maasyarakat yang ingi menggunakan jasa ojek. Hal ini juga sering memicu perselisihan antara Gojek dengan Tukang ojek pengkolan bahkan juga dengan transportasi umum lainnya. Terlepas dari itu semua, saya sebagai masyarakat menanggapi positif terhadap adanya Gojek dengan segala kemudahan yang ditawarkan, mulai dari pelayanan yang terpercaya, harga yang terjangkau, dan gojek juga banyak mengurangi penganguran.Tentang adanya Gojek saya memeliki pandangan bahwa fenomena adanya gojek memberikan kemudahan dalam segala akses,semisalna dengan adanya gojek seseorang bisa membeli makanan,tiket nonton dan debagainya melalui jasa gojek. Dan karena bisa di akses melalui smartphone tanpa harus bertemu langsung dengan tukang ojek. Dan mengaksesnya pun mudah sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Namun adanya gojek juga mempengaruhi pendapatan tukang ojek pengkolan yang saat ini sudah semakin tidak diminati oleh maasyarakat yang ingi menggunakan jasa ojek. Hal ini juga sering memicu perselisihan antara Gojek dengan Tukang ojek pengkolan bahkan juga dengan transportasi umum lainnya. Terlepas dari itu semua, saya sebagai masyarakat menanggapi positif terhadap adanya Gojek dengan segala kemudahan yang ditawarkan, mulai dari pelayanan yang terpercaya, harga yang terjangkau, dan gojek juga banyak mengurangi penganguran.

Nama : Anggun F.V
Unknown mengatakan…
Di era globalisasi sekarang masyarakat menggunakan sistem teknologi informasi yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari.Salah satunya adalah aplikasi Gojek,yang merupakan aplikasi online untuk memudahkan masyarakat terutama dalam hal transportasi. Menurut saya Gojek sangat berguna bagi masyarakat karena Gojek memberikan layanan yg memudahkan masyarakat untuk menjalani aktivitas diluar.Gojek disertai beberapa layanan yang menambah kualitas Gojek itu sendiri, diantranya jasa pengantar makanan (GO FOOD)dan layanan bagi pelanggan yang ingin membeli barang melalui online ( Gojek Shopping). Gojek memberi bnyak peluang kerja bagi masyarakat dan mengurangi pengangguran. Gojek juga memberikan layanan yang sangat baik.

Postingan populer dari blog ini

Budaya Titip Absen Mahasiswa dan Solusi Presensi Online